Detail Karya Ilmiah

  • PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ISTAD (INQUIRYSTUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
    Penulis : Lusiana Eka Putri
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran ISTAD (Inquiry- Student Team Achievement Division) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan (1) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model ISTAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh persentase sebesar 96,29% dengan kategori sangat baik (2) Respon siswa terhadap model pembelajaran ISTAD sangat baik, hal ini dibuktikan dari hasil persentase angket respon siswa sebesar 92,41 % dengan kriteria sangat positif.

    Abstraction

    This research is to know the application of ISTAD learning model (inquiry-student team division) toward the students’ critical thinking ability. Based on the study results, it can be concluded (1) the learning implementation of ISTAD toward students’ critical thinking was obtained as at the percentage of 97.43% on the best category (2) the students’ response of ISTAD was better, this was proven by the response percentage of 92.41% on positive criteria.

Detail Jurnal