Detail Karya Ilmiah
-
REDUKSI MISKONSEPSI SISWA DENGAN BRIDGING ANALOGY PADA MATERI SUHU DAN KALORPenulis : ZayyinahDosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran bridging analogy dalam mereduksi miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor kelas VII SMP Negeri 1 Ketapang, Sampang tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain pre-experimental dengan rancangan one group pretest-postest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ketapang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII D sebanyak 30 siswa. Miskonsepsi siswa dianalisis dengan menggunakan metode CRI (Certainty of Response Index). Tingkat miskonsepsi siswa digolongkan berdasarkan standar deviasi. Teknik analisis data pengujian hipotesis menggunakan uji-t sampel berpasangan. Hasil pengujian hipotesis persentase miskonsepsi siswa sebelum dan setelah pembelajaran diperoleh nilai -t hitung < t tabel < t hitung (-7,959 < 2,045 < 7,959) maka H ditolak dan H diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran bridging analogy berpengaruh dalam mereduksi miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi siswa mengalami reduksi sebesar 26,50% dari rata-rata 54,00% sebelum pembelajaran menjadi 27,50% setelah penerapan bridging analogy. Kata Kunci: bridging analogy, miskonsepsi, suhu dan kalor. a o
AbstractionThe main purpose of research is to determine the effect of bridging analogy learning method to reduce students’ misconception on temperature and heat matter at grade 7 of Junior High School 1 Ketapang, Sampang academic year 2017/2018. This research is an experimental study used pre-experimental design with one group pretest-postest. The population is all student grade 7. The samples were selected using purposive sampling. The samples were D class consisted 30 students. Students’ misconception was analized using CRI (Certainty of Response Index). Level misconception of student is classified by standard deviation. Testing hypothesis was analized using paired samples t-test. The result of hypothesis testing for percentage before and after learning obtained -t count < t (7,959 < 2,045 < 7,959) then H o is rejected and H is accepted. Based on the result of the hypothesis testing can be concluded that bridging analogy learning method effect to reduce students’ misconception on temperature and heat matter. The result of research show that students’ misconception experienced reduction of 26,50% from average 54,00% before learning to 27,50% after implementing bridging analogy. Keyword: bridging analogy, misconception, temperature and heat. a table < t count