Detail Karya Ilmiah

  • Implementasi Metode Pembelajaran Whole Brain Teaching Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa.
    Penulis : Raddine Bayyin Nisa Utami
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode whole brain teaching terhadap keterampilan berkomunikasi siswa. Penelitian menggunakan quasi eksperimental design dengan pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Labang dengan populasi siswa seluruh kelas VIII dan sampel kelas VIII D dan VIII E, pada semester genap, tahun ajaran 2018/2019, pada pokok bahasan sistem pencernaan manusia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas (independent sample t-test). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode whole brain teaching terhadap keterampilan berkomunikasi siswa. Hal ini dibuktikan dari nilai uji t sampel bebas diperoleh nilai -t hitung

    Abstraction

    This study aims to determine the effect of whole brain teaching methods on students' communication skills. The study used a quasi experimental design with pretest-posttest control group design. This research was carried out at Labang 1 Junior High School with students fro all grades VIII and samples VIII D and VIII E, in the even semester, 2018/2019 school year, on the subject of the human digestive system. The sampling technique uses purposive sampling. Data analysis technique uses free sample t test (independent sample t-test). Based on the results of the study it can be concluded that there is an influence of the whole brain teaching method on students' communication skills. This is evidenced by the free sample t test value obtained -t count

Detail Jurnal