Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan SSP IPA Terpadu Berbasis Model Reciprocal Learning untuk Mengetahui Keterampilan Berpikir Kreatif
    Penulis : Putri Rohmatul Jannah
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si.,M.Si
    Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan SSP IPA Terpadu Berbasis Model Reciprocal Learning untuk mengetahui Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Penelitian dan pengembangan ini mengunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahap. Desain penelitian menggunakan One Shot Case Study. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H UPTD SMPN 1 Labang sejumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) SSP IPA terpadu berbasis model reciprocal learning layak digunakan dalam pembelajaran untuk mengetahui keterampilan berpikir kreatif siswa dengan rata-rata penilaian validasi sebesar 86,66% dan kelayakan materi sebesar 90,56%. (2) Keterbacaan lembar kerja siswa sebesar 82,87% dengan kategori sangat baik. (3) Respon siswa setelah pembelajaran menggunakan SSP IPA terpadu berbasis model reciprocal learning sebesar 83,74% dengan kategori sangat baik. (4) Keterampilan berpikir kreatif siswa sebesar 42,58% dengan kategori sedang.

    Abstraction

    This research aims to develop SSP of integrated science based on reciprocal leaning to understand student’s creative thinking skills. This research and development used ADDIE development models with 5 steps. Design of this research used One Shot Case Study. The subject of this research is students of class VIII H UPTD SMPN 1 Labang amount 22 students. The collecting data technique used observation, test, questionnaire, and documentation method. Based on research result showed that; (1) SSP of integrated science based on reciprocal leaning to understand student’s creative thinking skills with assesment average of validation amount 86,66% and material feasibility amount 90,56%. (2) Student worksheet’s readability amount 82,87% with very good category. (3) Students response after learning SSP of integrated science based on reciprocal leaning amount 83,74% with very good category. (4) Student’s creative thinking skills amount 42,58% with medium category.

Detail Jurnal