Detail Karya Ilmiah

  • Implementasi Model Pembelajaran CORE Berbantuan Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa
    Penulis : Fatmawati
    Dosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S. Si., M. Si.
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S. pd., M. Pd.
    Abstraksi

    Penelitian bertujuan untuk mengetahui respon siswa dan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model CORE berbantuan media crossword puzzle pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik angket digunakan untuk mengetahui respon positif siswa terhadap pembelajaran. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran di kelas dan dokumentasi untuk memeroleh data sebagai bukti penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; (1) respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran sangat baik dengan nilai persentase sebesar 80% dan (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model CORE berbantuan media crossword puzzle sangat baik dengan nilai persentase sebesar 92%.

    Abstraction

    The research aims to know student response and achievement learning of implementation CORE model supported by crossword puzzle media in excretion system objects. The research of study is quantitative which is technique of collecting data used questionnaire, observation sheet and documentation. Questionnaire technique for student’s response, observation sheet for learning activities and documentation for collecting data. Based on the data of the reseach, it can be conclude that; (1) student’s response of bridging analogy learning method has an excellent category with 80,30%; (2) learning activity using bridging analogy learning method has an excellent category with 91,62%.

Detail Jurnal