Detail Karya Ilmiah
-
Implementasi Project Based Learning-STEM Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP.Penulis : Raudatus SarifaDosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.SiDosen Pembimbing II :Irsad Rosidi S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi sains siswa sebelum dan sesudah pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang diintegrasikan dengan Science, Tecnology, Engineering and Mathematic (STEM), keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa melalui pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimental. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Kwanyar dengan sampel kelas VIII B. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan Paired Sampel T Test. Hasil uji signifikansi diperoleh 0,000 < 0,025 dan diperkuat uji hipotesis dua pihak dengan nilai –thitung< ttabel < thitung yaitu -13,939 < 2,074 < 13,393. Sedangkan Hasil kemampuan literasi sains tingkat nominal sebesar 74%, tingkat fungsional sebesar 62% dan tingkat konseptual/prosedural sebesar 58,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan literasi sains sebelum dan sesudah penerapan Project Based Learning-STEM. Keterlaksanaan Project Based Learning-STEM memiliki nilai rata-rata sebesar 90,4% dengan kategori sangat tinggi. Respon siswa terhadap Project Based Learning-STEM memperoleh nilai rata-rata sebesar 70% dengan kategori sangat menarik. Kata Kunci: Literasi Sains, Project Based Learning, STEM.
AbstractionThis research aimed to find out differences students' science literacy skills before and after the learning of Project Based Learning (PjBL) integrated with Science, Tecnology, Engineering and Mathematics (STEM), learning implementation and student response through learning of Project Based Learning (PjBL) with Science, Tecnology, Engineering and Mathematics (STEM) on the theme of vibration and waves. The research was kind of pre-experimental research and using one group pretest-posttes designt. The population used students VIII class of Junior High School 2 of Kwanyar with sample on VIII B class. The hypothesis test of this study using Paired Samples T Test. The result of significance test obtained value 0.000 < 0,025 and confirmed two tail hypothesis test with value –tcalculation