Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
    Penulis : SILVINA MASFIATUZ ZAHRO'
    Dosen Pembimbing I : LAILA KHAMSATUL MUHARRAMI, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :ANA YUNIASTI RETNO WULANDARI, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran POGIL dan respon siswa terhadap model pembelajaran POGIL.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk keterlaksanaan pembelajaran dan angket untuk mengetahui respon siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Kamal,pada kelas VII Btahun ajaran 2017/2018 pada materi pemanasan global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran POGIL sebesar 93.32% dengan kategori sangat baik.Respon siswa terhadap POGIL sebesar 84.32% dengan kategori sangat baik.

    Abstraction

    The aims of this researcis to determinethe implementation of learning model POGIL and the students’ response toward laerning model POGIL. The instrument that used is observation sheet for learning implementation and quationnaire for determine student’s response. This research is conducted in SMPN 2 Kamal, toward students of VII-B in 2017/2018 on global warming material.The implementation of learning POGIL is arround 93.32% with very good category. Student response to POGIL learning model is arround 84.32% with very good category.

Detail Jurnal