Detail Karya Ilmiah
-
Penerapan Strategi Pembelajaran Picture and Picture Dengan Media Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar SiswaPenulis : Aulia Riski TartilaDosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.Si.Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran picture and picture dengan media kartu gambar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design. Penelitian dilaksanakan di SMPI An-Nafi’iya dengan populasi kelas VIII-A dan VIII-B, pada semester ganjil, tahun ajaran 2018/2019, pada pokok bahasan sistem pencernaan manusia. Teknik pengambilan smpel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitan menggunakan 2 kelas. Teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pada hasil pretest tidak ada pengaruh pada penerapan strategi pembelajaran picture and picture dengan media kartu gambar terhadap hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan hasil Zhitung -2,465 sedangkan Ztabel 1,96. Notasi nilai jika –Ztabel ? Zhitung ? Ztabel (-1,96 ? -2,465 ? 1,96) maka H1 ditolak. Sedangkan pada hasil postest terdapat pengaruh pada penerapan strategi pembelajaran picture and picture dengan media kartu gambar terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa setelah pembelajaran picture and picture dengan media kartu gambar sebesar 88,5.
AbstractionThis study aims to determine the effect of learning strategy picture and picture with image card media on student learning outcomes. The research used Quasi Experimental Design research design. The study was conducted at SMPI An-Nafi'iya with population of class VIII-A and VIII-B, in odd semester, academic year 2018/2019, on the subject of human digestive system. Sampling technique using purposive sampling. The research sample uses 2 classes. The data analysis technique used Mann-Whitney test. Based on the results of the study concluded that the results of pretest there is no effect on the application of the strategy of learning picture and picture with image card media on student learning outcomes. Proved with result of Zhitung -2,465 while Ztabel 1,96. Notation value if -Ztabel ? Zhitung ? Ztable (-1.96 ? -2.465 ? 1.96) then H1 is rejected. While the posttest results there is influence on the application of learning strategies picture and picture with image card media on student learning outcomes. Average student learning outcomes after learning picture and picture with image card media of 88.5.