Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN HANDS-ON ACTIVITIES BERVISI SETS UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWAPenulis : Siti Choirun Nisa'Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si., M.SiDosen Pembimbing II :Yunin Hidayati, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Hands-On Activities bervisi SETS untuk melatih keterampilan proses sains siswa. Penelitian dan pengembangan ini mengunakan model pengembangan Dick & Carey dengan 10 tahap. Desain penelitian menggunakan One Shot Case Study. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A UPTD SMPN 1 Kamal sejumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menjunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran hands-on activities bervisis SETS layak digunakan dalam pembelajaran untuk melatih keterampilan proses sains siswa dengan rata-rata penilaian validasi sebesar 89,68% dan kelayakan materi sebesar 86,94%. (2) Keterampilan proses sains siswa setelah pembelajaran menggunakan hands-on activities bervisi SETS sebesar 82,35% dengan kategori sangat baik dan didukung oleh lembar observasi keterampilan proses sains sebesar 91,67% dengan kategori sangat baik. (3) Respon siswa setelah pembelajaran hands-on activities bervisi SETS sebesar 79,14% dengan kategori sangat baik. (4) Keterbacaan lembar kerja siswa sebesar 75,68% dengan kategori sangat baik.
AbstractionThis research aims to develop hands-on activities learning instructional of SETS to train student’s science process skills. This research and development used Dick & Carey development models with 10 steps. Design of this research used One Shot Case Study. The subject of this research is students of class VIII A UPTD SMPN 1 Kamal amount 34 students. The collecting data technique used observation, test, questionnaire, and documentation method. Based on research result showed that; (1) Hands-on activities learning instructional of SETS to train student’s science process skills with assesment average of validation amount 89,68% and material feasibility amount 86,94%. (2) Student’s science process skills after leraning used hands-on activities of SETS amount 82,35% with very good category. (3) Students response after learning hands-on activities of SETS amount 79,14 with very good category. (4) student worksheet’s readability amount 75,68% with very good category.