Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE SHARED BERBASIS SCIENCE DETECTIVE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MINAT BELAJAR SISWA
    Penulis : AYU SRI LESTARI
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S. Si., M. Si.
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran terpadu tipe shared berbasis science detective terhadap keterampilan proses sains dan minat belajar siswa pada materi indera penglihatan dan alat optik siswa kelas VIII MTs Mambaul Ulum Simorejo Widang Tuban tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Pre-Eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Mambaul Ulum Simorejo Widang Tuban. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data pengujian hipotesis keterampilan proses sains siswa menggunakan Uji-t sampel berpasangan dengan program SPSS versi 18.00. Teknik analisis data pengujian hipotesis minat belajar siswa menggunakan Uji Wilcoxon dengan program SPSS versi 18.00. Hasil pengujian hipotesis keterampilan proses sains siswa diperoleh nilai -thitung ? ttabel ? thitung (- 27,041 ? 2,064 ? 27,041) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil pengujian hipotesis minat belajar siswa diperoleh nilai -zhitung ? ztabel ? (-4,376 ? 1,96 ? 4,376) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keterampilan proses sains dan minat belajar siswa antara sebelum dan sesudah pembelajaran terpadu tipe shared berbasis science detective. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Minat Belajar, Science Detective, Tipe Shared.

    Abstraction

    The purpose this research is know the effectiveness of an integrated science learning with shared type based science detective to science process skills and students’ interest to learn at the material of sense of sight and optical tools at VIII class Junior High School Mambaul Ulum Simorejo Widang Tuban study yard 2017/2018. This is research an experimental study with use the research design PreEksperimental. The population this research is all of the student VIII class as many 25 student as experimental class. The data analysis technique of hypothesis testing for science process skill use Paired Samples T-Test with program SPSS versi 18.00. The data analysis technique of hypothesis testing for student’s interest learn use Wilcoxon Signed Ranks Test with program SPSS versi 18.00. The result of hypothesis testing for students’ science process skill values obtained –tcount ? ttable ? tcount (- 27,041 ? 2,064 ? 27,041) then Ho the rejected and Ha the accepted. The result of hypothesis testing for students’ interest learn outcome values obtained –zcount ? ztable ? zcount (-4,376 ? 1,96 ? 4,376) then Ho the rejected and Ha the accepted. Based the result of the hypothesis test it can be concluded that there is a difference science process skills and students’ interest to learn between before and after integrated science learning with shared type based science detective. Keyword: Science Process Skills, Interest To Learn, Science Detective, Shared Type.

Detail Jurnal