Detail Karya Ilmiah
-
Implementasi Model Pembelajaran MURDER dengan Teori Pembiasaan Perilaku B.F Skinner terhadap Kemandirian Belajar SiswaPenulis : Tias RianitaDosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S.Si.,M.SiDosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd.,M.PdAbstraksi
ABSTRAK Tujuan penelitan ini untuk mengetahui pengaruh, keterlaksanaan, respon dan kemandirian belajar siswa terhadap implementasi model pembelajaran MURDER dengan teori pembiasaan perilaku B.F skinner. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Kamal tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang diteliti 2 kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Pengumpulan data menggunakan angket dan lembar observasi kemandirian belajar, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa. Hasil analisis data kedua kelompok diperoleh - thitung < ttabel < thitung (-13,024<2,00488<13,024) taraf signifikan 0,025 sehingga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemandirian belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan (1) Implementasi model pembelajaran MURDER dengan teori pembiasaan perilaku B.F Skinner berpengaruh terhadap kemandirian (2) Keterlaksaaan pembelajaran model MURDER dengan teori pembiasaan perilaku B.F Skinner diperoleh rata-rata sebesar 93% dengan kriteria sangat baik (3) rata-rata respon siswa saat menggunakan model pembelajaran murder dengan teori pembiasaan perilaku B.F Skinner diperoleh hasil sebesar 74,08% dengan kategori baik (4) Kemandirian belajar siswa setelah diiplementasikan model MURDER dengan teori pembiasaan perilaku B.F Skinner diperoleh persentase 72,64% dengan kriteria cukup baik pada kelas eksperimen (7A) dan kelas kontrol (7B) 60,31% kriteria cukup baik. Kata Kunci: Model pembelajararan MURDER, teori pembiasaan perilaku B.F Skinner, kemandirian belajar.
AbstractionABSTRACT The purpose of this research is to know the influence, implementation, responses and student self directed to the implementation of MURDER learning model by using behavior habituation of B.F Skinner’s theory. This research was conducted at SMPN 4 Kamal in 2017/2018. The sample of 2 classes are VII A as experiment class and class VII B as control class. This research used quasi experimental methods with non equivalent control group design. The data is collected by questionnaires of self directed, observation sheets of self directed, observation sheet of learning effectiveness and questionnaires of student responses. The result of data analysis of both groups were obtained thitung