Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PENGGUNAAN LAB RIIL DAN LAB VIRTUIL (PhET) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI
    Penulis : HASUNA NOIFA FENIA
    Dosen Pembimbing I : LAILA KHAMSATUL MUHARRAMI, S.Si., M.S.i.
    Dosen Pembimbing II :ANA YUNIASTI RETNO WULANDARI, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan laboratorium riil dan laboratorium virtuil (PhET) dan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan laboratorium riil dan laboratorium virtuil (PhET). Penelitian dilaksanakan di MTs. Mazra’atul Ulum Paciran dengan populasi semua siswa kelas VIII Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan siswa pada kelas VIII B sebagai kelas laboratorium virtuil (PhET) dan siswa pada kelas VIII D sebagai kelas laboratorium riil. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan laboratorium riil dan laboratorium virtuil (PhET) sangat baik dengan persentase 82,54%; (2) ) respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan laboratorium riil dan laboratorium virtuil (PhET) baik dengan persentase 75,34%.

    Abstraction

    The aim of the research was to know the implementation of using real laboratory and virtual laboratory (PhET) and students respons toward learning used real laboratory and virtual laboratory (PhET). The research was conducted in MTs. Mazra’atul Ulum Paciran with population was all students in eight grade students in the academic year of 2017/2018. The employed sampling technique was simple random sampling with students in VIII B as the virtual laboratory (PhET) class and students in VIII D as the real laboratory class. Technique of collecting data used questionnaire, observation, and documentation. Technique of analyzing data used Two Ways Anova with different cell. The result of the reserach showed that: (1) the implementation of using real laboratory and virtual laboratory (PhET) is very good with precentage of 82,54%; (2) students respons toward learning used real laboratory and virtual laboratory (PhET) is good with precentage of 75,34%.

Detail Jurnal