Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PENDEKATAN SETS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWAPenulis : Sutria AmandaDosen Pembimbing I : Laila Khamsatul MuharramiDosen Pembimbing II :Irsad Rosidi.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan SETS dengan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir siswa. Penelitian menggunakan metode Quasi experimental group control design. dan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Socah Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan dengan populasi semua siswa kelas VII dan sampel yang digunakan penelitian yaitu kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan VII-B sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji nonparametris yaitu uji mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan SETS diperoleh sebesar 97% berhasil. Respon siswa setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan SETS diperoleh 70,4% baik Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran berbasis masalah, SETS.
AbstractionThe aim of this research was to know the Influence of SETS approach with problem based learning model to students critical thinking ability. This research was investigated by Quasi experimental group control design and implemented in SMP Negeri 1 Socah, Socah, Bangkalan with population of all students of class VII and sampels used class of VIIA as control class and VIIB as experiment class. The data analysis technique used mann whitney test. The result of problem based learning model with SETS approach showed 97% succesful. Student response of problem based learning model with approach SETS approach categorized good with persentage 70,4%, Keywords : Critical thinking ability, problem based learning model, SETS.