Detail Karya Ilmiah

  • Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
    Penulis : Indriyani
    Dosen Pembimbing I : mochammad Ahied, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VII melalui penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS). Data-data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data tentang kemampuan pemecahan masalah siswa melalui tes uraian dalam bentuk pretest dan postest, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran guru, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa pada nilai pretest adalah 50,90 yang tergolong kategori rendah. Sedangkan rata-rata nilai posttest siswa adalah 79,49 dengan kategori tinggi. Hasil persentase keterlaksanaan pembelajaran guru adalah 78,23% dengan kriteria sangat baik. Adapun hasil angket respon siswa terhadap proses pembelajaran mencapai 87,08% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata kunci : model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS), pemecahan masalah, nilai pretest dan posttest.

    Abstraction

    This study aims to determine the improvement of problem solving skills of students of SMP class VII through the application of learning model of Double Loop Problem Solving (DLPS). The data collected in this research are data about students' problem solving abilities through pretest and post test descriptions, observation sheet of teacher learning implementation, and student response questionnaire. The results showed that the average value of students' problem solving abilities on pretest score was 50.90 which was categorized as low category. While the average posttest score of students is 79.49 with high category. The result of the percentage of teacher learning is 78.23% with very good criteria. The result of questionnaire of student response to learning process reach 87,08% with very good criterion. Based on the data obtained from the research results can be concluded that the application of learning model Double Loop Problem Solving (DLPS) can improve students problem solving skills. Keywords: Double Loop Problem Solving (DLPS) learning model, problem solving, pretest and posttest values.

Detail Jurnal