Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MAJALAH IPA TERPADU UNTUK MENGETAHUI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF
    Penulis : Masrifatin Hidayani
    Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Si
    Abstraksi

    Abstrak Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan majalah IPA terpadu yang dikembangkan berdasarkan hasil keterlaksanaan, keterbacaan, respon, minat belajar dan validasi ahli. Penelitian ini menggunakan model penelitian (R&D). Adapun model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE terdiri dari lima tahapan diantaranya Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Majalah IPA terpadu yang dikembangkan diuji cobakan di SMP Negeri 2 Pucuk Lamongan tahun ajaran 2017/2018. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil rata-rata penilaian uji kelayakan aspek media sebesar 82,82% dengan kriteria sangat valid dan 86,76% penilaian dari aspek materi dengan kriteria sangat valid. (2) hasil rata-rata penilaian angket angket respon siswa sebesar 81,08% dengan kriteria sangat baik, (3) hasil rata-rata penilaian angket keterbacaan sebesar 81,02% dengan kriteria sangat baik, dan (4) hasil rata-rata penilaian angket minat belajar siswa sebesar 74,35% dengan kriteria baik. Kata Kunci: ADDIE, Majalah IPA terpadu, Minat Belajar

    Abstraction

    Abstract The purpose of this study was to know feasibility of integrated science magazine which was developed based on the results of enforceability, readability, response, learning and validation expert. This study uses a model of research (R&D). The development model used is the ADDIE consists of five stages including Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Science magazine developed integrated grades tested at Junior High School 2 Pucuk Lamongan academic year 2017/2018. From the research result can be concluded that: (1) the average yield of due diligence assessment media aspect of 82,82% with very valid and 86,76% of the votes with the material aspect is very valid criteria, (2) the average result of the response assessment is 81,08 % with very good, (3) the average result of the readability assessment is 81,02% with very good, (4) the result of the interest of learning students assessment is 74,35 % with good. Keywords: ADDIE, Integrated science magazine, Interest in Learning

Detail Jurnal