Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAI (Generate An Argument Instructional) MEGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA
    Penulis : Achmad Afilianto
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GAI menggunakan pendekatan scientific terhadap keterampilan argumentasi ilmiah siswa. Penelitian menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan teknik Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 1 Labang dengan populasi semua siswa kelas VIII tahun ajaran 2018/2019. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C UPTD SMPN 1 Labang sejumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, model pembelajaran GAI menggunakan pendekatan scientific terhadap keterampilan argumentasi ilmiah siswa mendapatkan nilai rata-rata respon siswa sebesar 77,83% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Argumentasi Ilmiah, Pendekatan Scientific, Model Pembelajaran GAI

    Abstraction

    This research has a purpose to know the effect of GAI learning models using scientific argumentation skill student. This research use method Quasi-Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design technique. The subject of this research is students of class VIII C UPTD SMPN 1 Labang amount 25 students. The collecting data technique used observation, test, questionnaire, and documentation method. Based on research result showed that, Student response toward the implemented of GAI learning models using scientific approach obtained percentage 77,88% with a very good category. Keywords: Scientific Argumentation, GAI Learning Models, Scientific Approach

Detail Jurnal