Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Pendekatan Open-ended Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah SiswaPenulis : Nikmatuz ZuhrohDosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.SiDosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui model problem based learning (PBL) berbasis pendekatan open- ended. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental. Desain penelitian yaitu one grup pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Masyhudiyah. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t sampel berpasangan. Hasil analisis data menunjukkan t hitung -20,53 dan t tabel 1,703 (pada df 26 dan taraf signifikansi 0,05) maka t hitung ? t tabel . Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning(PBL) berbasis pendekatan open-ended berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan langkah pemecahan masalah Polya. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan rata-rata pretest siswa sebelum pembelajaran yaitu 34,81 meningkat pada posttest siswa yaitu 72,22. Persentase peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada kriteria sedang sebesar 88,89%, dan kriteria tinggi sebesar 11,11%. Keterlaksanaan pembelajaran pada kategori baik dengan persentase sebesar 89,13% serta respon positif siswa terhadap pembelajaran sebesar 80,86% (sangat baik).
AbstractionThis research aims to improve the ability of student problem solving through learning problem based learning (PBL) model based on open-ended approach. This type of research is pre experimental research. The research design is one grup pretest and posttest design. The population in this research is the whole grade VII MTs Masyhudiyah. While the sample in this research is class VII B using purposive sampling. Data analysis technique used is paired sample t-test. The result of the data analysis shows t calculate -20,53 and t table 1,703 (on the extent and significance of 26 df 0,05) then t calculate ? t table. The research shows that use learning problem based learning(PBL) model based on open-ended approach influence the ability of student problem solving with Polya strategy. It can be seen on the basis of the average student’s pretest before learning is 34,81 increased on posttest students is 72,22. The percentage increase the ability of problem solving on middle criteria is 88,89% and higher criteria is 11,11%. Realizations learning in both categories with percentages of 89,13% as well as positive response toward the student learning of 80,86% (very good).