Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
    Penulis : Mualifah.
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning dalam mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sifat cahaya. pada penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan nonequivalent control group design. Dilaksanakan di SMP 3 Kamal dengan populasi seluruh siswa kelas VIII. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Tes kemampuan berpikir kreatif yang digunakan berupa uraian berjumlah 7 soal. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas . Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran guided discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, yang dibuktikan dengan uji t sampel bebas diperoleh signifikansi 0,00< 0,05, sehingga H 0 ditolak atau nilai –t hitung

    Abstraction

    This study aims to know the influence of guided discovery learning model to creative thinking skill in light nature material. The research used quasi experimental design with nonequivalent control group design. Implemented in SMP 3 Kamal with a population of all students of class VIII. The sample used is 2 classes that is VIII A as experiment and VIII C as control class. Tests of creative thinking skill used essay with 7 questions. Analysis technique used independent sample t test. Based on the result of the research, it can be concluded that: (1) the learning of guided discovery learning has an effect on the students' creative thinking skill, as evidenced by independent sample t test, the significance is 0.00 <0.05, H 0 is rejected or the value t calculate

Detail Jurnal