Detail Karya Ilmiah
-
pengaruh model inkuiri terbimbing dengan tutor sebaya terhadap keterampilan proses sains siswaPenulis : Yulia Sri WulandariDosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S. Si., M. Si.Dosen Pembimbing II :Wiwin puspita Hadi,S. Si., M. PdAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model inkuiri terbimbing dengan tutor sebaya terhadap keterampilan proses sains. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Larangan pada bulan Mei tahun ajaran 2018-2019. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIIIE. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan Pre- Experimental dengan teknik One-Shot Case Study. Instrumen pengumpulan data adalah tes keterampilan proses sains yang terdiri dari 6 item soal essay. Rata-rata daya serap keterampilan proses sains menggunakan model pembeajaran inkuiri terbimbing dengan tutor sebaya sebesar 98%. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing dengan tutor sebaya sebesar 95%. Rata-rata respon siswa saat pembelajaran menggunakan inkuiri terbimbing sebesar 77% dengan kategori sangat setuju. Kata kunci: Inkuri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Tutor Sebaya.
AbstractionABSTRACT This study aims to determine the influence of guided inquiry model with peer tutor of science process skills. The study was conducted at SMPN 2 Larangan in May 2018-2019. The research sample used is class VIIIE. Sampling technique used purposive sampling. The research method used is Pre-Experimental with One-Shot Case Study technique. The instrument of data collection inside is a test of science process invention consisting of 6 items about essay. The average absorption skill of the science process uses guided inquiry model with peer tutor of 98%. The average of instructional learning using guided inquiry model with peer tutor is 95%. The average student response during learning using guided inquiry is 77% with strongly agreed category. Keywords: Guided Inkuri, Science Process Skill,Peer Tutor