Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL IPA SMP BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI HUKUM NEWTON
    Penulis : Moh. Sofyan Ansori
    Dosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini mengetahui kelayakan media dan respon siswa. Penelitian ini merupakan pengembangan media dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Empu Gennah Pamekasan dengan menggunakan 10 siswa kelas VIII SMP Islam Empu Gennah Pamekasan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Pengembangan media laboratorium virtual IPA SMP berbasis macromedia flash pada materi hukum Newton sangat valid dan layak digunakan (2) Persentase angket respon siswa rata-rata 94,00% dengan kategori sangat baik. Pengembangan media laboratorium virtual IPA SMP berbasis macromedia flash pada materi hukum Newton layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA SMP, serta respon siswa terhadap media sangat baik. Kata Kunci: Hukum Newton, Laboratorium Virtual, Macromedia Flash

    Abstraction

    This research aims to know the validity of media and student’s response. The research was development research with an ADDIE model. The research was conducted in SMP Islam Empu Gennah Pamekasan that used ten students in the eigth class and in te study year 2017/2018. Based on the data of the research, it can be conclude that: 1) the development of lab virtual media of science junior high school with a macromedia flash and the topic about Newton’s Law was valid to use with a very good criteria. Content’s master gave 91,30% of validity and 86,00% of reability 2) the average of student’s response was 94,00% with an excellent criteria. Keywords: Macromedia Flash , Newton Law, Virtual lab.

Detail Jurnal