Detail Karya Ilmiah

  • PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK PORTOFOLIO TERHADAP LITERASI SAINS SISWA
    Penulis : Tahlilah
    Dosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penilitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh, tingkatan literasi sains melalui penilaian portofolio, keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa. Penelitian menggunakan One Group Pretest-Postest Design. Dilaksanakan di SMPN 1 Arosbaya dengan populasi semua siswa kelas VII dan sampel yaitu kelas VII-B 1 pada pokok bahasan Pencemaran Lingkungan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk tingkatan literasi sains, teknik lembar pengamatan untuk keterlaksanaan pembelajaran dan teknik angket untuk respon siswa. Teknik analisis menggunakan uji non parametrik wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh penggunaan penilaian portofolio terhadap literasi sains dengan nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05 dan -4,937 < 1,960 < 4,937, (2) Ada perbedaan tingkat kemampuan literasi sains setelah menggunakan penilaian portofolio. Hal tersebut dapat dilihat pada rata-rata nilai pretest dari 36,11% dengan kategori cukup dan postest yaitu 79,36% dengan sangat bagus, (3) keterlaksanaan pembelajaran dengan kategori sangat tinggi dengan presentase 97%, (4) angket respon siswa kategori menarik dengan presentase 70%. Kata kunci: Penilaian Autentik, Portofolio, Literasi Sains.

    Abstraction

    ABSTRACT This research aimed to understand the influence science literacy through portofolio assessment as well as the implementation of learning and student response questionnaire. To support it, this research apply One Group PretestPostest Design, which held in SMPN 1 Arosbaya with the population of all students of VII class and sample is class VII-B on the subject environmental pollution. The sampling technique is used purposive sampling method. The data collection applied test technique used non parametrik wilcoxon test. The results of this study it can be concluded that: (1) there is influence o portofolio appraisal to science literacy with significance value obtained is 0,000 < 0,05 and -4,937 < 1,960 < 4,937 (2) there is a diferenc level of literacy ability of science in very meeting, it can be seen on the average pretest value 36,11% with enough category and postest that is 79,36% with very good category (3) the applying of learning has very high category with a percentage of 97%, (4) questionnaire responses interesting categories of students until 70% percentage. Keywords:, Authentic Assessment, Portofolio, Science Literacy.

Detail Jurnal