Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPenulis : Ulfatun NadifahDosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S.Si., M.Si.Dosen Pembimbing II :Ana Yuniati Retno Wulandari, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh, respon, dan keterlaksanaan pada model pembelajaran circuit learning. Penelitian menggunakan metode Quasi eksperimental dengan desain Non equivalent Control Group Design dan dilaksanakan di SMPN 1 Arosbaya dengan populasi seluruh kelas VII pada pokok bahasan perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas, siswa kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII J sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes pilihan ganda untuk hasil belajar siswa, angket untuk mengetahui respon siswa, dan lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran circuit learning berbantuan media visual terhadap hasil belajar siswa dengan taraf signifikansi t hitung < t tabel < t (-5,275 < 1,675 < 5,275). Respon siswa terhadap model circuit learning memperoleh persentase rata-rata 93,75% yang dikategorikan sangat baik. Keterlaksanaan pembelajaran dengan model circuit learning yang dilakukan selama tiga kali pertemuan memperoleh persentase rata-rata 96% yang dikategorikan sangat baik. hitung Kata kunci: circuit learning, hasil belajar, media visual
AbstractionResearch aims to determine the influence, response, and implementation on circuit learning. This reaserch uses Quasi eksperimental method, the design is Non equivalent Control Group Design and implemented in SMPN 1 Arosbaya with population of all classes VII on the subject of climate change and its impact on ecosystems. Sampling technique using purposive sampling. The sample used as many as 2 classes, VII G grade students as experimental class dan grade VII J as control class. Data collection using multiple choise test techniques for student learning outcomes, questionaires to find out student responses and observation sheets to find out the implementation of learning. Data analysis techniques use sample t test independent. Based on the results of the research can be concluded that there is influence of intructional learning model of circuit learning media visual aid to the learning outcomes with significance -t hitung < t (-5,275 < 1,675 < 5,275). Student’s responses to circuit learning model earn an average percentage 93,75% which is very well categorized. The implemntation of learning with the model circuit learning conducted during 3 times the meeting to get the average percentage 96% which is very well categorized Keywords: circuit learning, outcomes learning, visual media tabel < t hitung