Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SUSAN LOUCKS HORSLEY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
    Penulis : Nurhayati
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh
    Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan respon siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian yang dilakukan yaitu pada pokok bahasan bunyi, getaran gelombang, sistem pendengaran manusia, dan sistem sonar. Pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan untuk keterlaksanaan pembelajaran dan angket untuk respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran tergolong sangat baik dengan presentase 97,92% (2) respon siswa terhadap model pembelajaran Susan Loucks Horsley tergolong sangat baik dengan presentase 89%. Kata kunci: Bunyi, Respon Siswa, Susan Loucks Horsley

    Abstraction

    The research aims to know the advisibility and student response in learning process. The topic in this research is about sound, vibration and wave, hearing system, and sonar system. Technique of collecting data used observation sheet for learning activity, and questionnaire for student’s response. Based on the data of the research, it can be conclude that: 1) learning activity has an excellent category with 97,92% 2) student’s response of Susan Loucks Horsley learning model is excellent with 89%. Keywords: Sound, Student’s Response, Susan Loucks Horsley

Detail Jurnal