Detail Karya Ilmiah

  • PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
    Penulis : MUTMAINNAH
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran siklus belajar empiris induktif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimendan dilaksanakan di MTsN 3 Pamekasan, dengan populasi semua siswa kelas VIII tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas PAI dan kelas IPA. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa, teknik observasi untuk keterlaksanaan pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran siklus belajar empiris induktif dan teknik angket untuk respon siswa terhadap model pembelajaran siklus belajar empiris induktif. Teknik analisis data menggunakan uji-t sampel bebas. Hasil pada penelitian menunjukkan: terdapat pengaruh model pembelajaran siklus belajar empiris induktif pada pembelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan hasil uji t diperoleh nilai thitung 2.967 dengan nilai ttabel 2.0003 -thitung < ttabel < thitung (-2.967 < 2.0003 < 2.967) dan nilai signifikansi 0.004 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, hasil tes ketermpilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen mencapai kriteria ketuntasan minimum yaitu 76.83, respon siswa menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran siklus belajar empiris induktif mendapatkan hasil 78.52 dengan kriteria sangat setuju, dan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran siklus belajar empiris induktif terlaksanan dengan baik dengan presentase 87.3%. Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, Model Pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktif, Pembelajaran IPA

    Abstraction

    The aims of the research were to know the influence of inductive empirical learning cycle models toward students’ critical thinking skill. The research used a quasi experimental method and was conducted at MTsN 3 Pamekasan. The population was all eight grade students in the academic years of 2017/2018. The employed sampling technique was purposive sampling. The sampling consisted of 2 classes is PAI class and IPA class. Technique of collecting data used test for students’ critical thinking skill, observation for feasibility science learning and questioner for students response toward inductive empirical learning cycle model. Technique of analyzing data used independent samples ttest. Based on the results of this research, it can be conclude that: there was influence from inductive empirical learning cycle model to students critical thinking skill with t test result obtained tcount 2.967 while ttable value obtained 2.0003. So that value is -tcount < ttable < tcount (-2.967 < 2.0003 < 2.967) with the significance value is 0.004 < 0.05 so that H0 is rejected and H1 is accepted, the students’ critical thinking skill result of the experimental class reach the minimum criterion that is 76.83, student responses show that using inductive empirical learning cycle model get 78.52% result with criteria very agree, the process learning used inductive empirical learning cycle model was done well and get 87.3% percentage. Keywords: Inductive Empirical Learning Cycle Model, Learning Science, Students’ Critical Thinking Skill.

Detail Jurnal