Detail Karya Ilmiah

  • Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Synergetic Teaching terhadap Pemahaman Konsep Siswa
    Penulis : Anggy Ayu Maharrany
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd
    Abstraksi

    Abstrak Penelitian bertujuan untuk mengetahui respon siswa dan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching terhadap materi pencemaran lingkungan. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; (1) Siswa merespon dengan sangat baik pembelajaran menggunakan model pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching, dengan nilai persentase angket respon siswa sebesar 89% yang berkategori sangat baik, (2) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching berkategori sangat baik dengan rata-rata sebesar 87,5%. Kata Kunci: Keterlaksanaan pembelajaran, model pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching, dan respon siswa.

    Abstraction

    Abstract The purpose of this research to know the student’s response and learning implementation used model of active learning type Synergetic Teaching toward subject of environmental pollution material. Data collection techniques use questionnaire and realization sheets. Based on the research result, it can be concluded that; (1) The Student give a very good response to learning use model of active learning type Synergetic Teaching, the percentage value of student response questionnaire is 89% that very good, (2) Learning implementation use model of active learning type Synergetic Teaching is very good with an average 87,5%. Keyword: Learning implementation, model of active learning type synergetic teaching, , student’s response.

Detail Jurnal