Detail Karya Ilmiah

  • Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Terhadap Hasil Belajar Siswa
    Penulis : Fitria Wahyuni
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S. Si., M. Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa, pada materi tata surya kelas VII SMP Negeri 1 Torjun tahun 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desaign. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Torjun. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan Uji-t sampel bebas dengan program SPSS versi 18.00. Hasil pengujian hipotesis hasil belajar siswa diperoleh nilai -thitung < ttabel < thitung (-5.622 < 2,006 < 5.622) artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan selisih 12,91. Keterlaksanaan pembelajaran tergolong sangat baik dengan presentase sebesar 83%. Respon siswa tergolong sangat baik dengan presentase sebesar 84,72%.

    Abstraction

    The purpose this research was to know the A implementation model of cooperative learning type talking chips toward student learning outcomes, to interest at the material solar system at VII class Junior High School Negeri 1 Torjun study yard 2017/1018. This research used quasi experimental method with nonequivalent control group desaign. The population is all of the student of class VII of Junior High School Negeri 1 Torjun. The removal technique sampling applied purposive sampling, VII E as experiment class and VII B as control class. Data analysis technique hypothesis interest in student learning using t-test sample with SPSS program version 18.00. The result of hypothesis testing of student learning interest obtained by value -thitung < ttabel < thitung (-5.622 < 2,006 < 5.622) then H0 rejected and H1 accepted. The result of the study showed an increase in student learning outcomes in the experimental class nd control class by 12,91. Learning activities are very good with a percentage of 83%. Student's response obtained an average score of 84,72% with very high response criteria.

Detail Jurnal