Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
    Penulis : Rohmatul Munawaroh
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied
    Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa, keterlaksanaan pempelajaran dan respon siswa setelah penerapan model pembelajaran advance organizer berbasis mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi zat aditif dan zat adiktif. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kamal. Sampel diambil dengan teknik Nonprobability Sampling dengan desain Purposive Sampling. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji-t sampel bebas. Hasil pengujian hipotesis penguasaan konsep siswa diperoleh nilai –t hitung < t tabel < t hitung (-20,609 < 2,007 < 20,609) maka H ditolak dan H diterima. Kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol dengan persentase ketuntasan kelas indikator berpikir kreatif pada kelas eksperimen sebesar 65% dengan kategori baik dan 34% dengan kategori kurang baik pada kelas kontrol. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 92% dengan kategori sangat baik. Rata-rata respon siswa sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran advance organizer berbasis mind mapping berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen. 1 Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Mind Mapping, Model Pembelajaran Advance Organizer.

    Abstraction

    This study aims to determine the effect of students 'creative thinking skills, learning achievement and student response after the application of mind mapping-based advance organizer learning model on students' creative thinking skills in additive and addictive substances. This type of research is a type of experimental research with Quasi Experimental design. The population in this study are students of grade VIII SMP Negeri 3 Kamal. Samples were taken using Nonprobability Sampling technique with purposive sampling design. Data analysis used descriptive statistics and free sample t-test. The results of the students' concept mastery hypothesis testing obtained t-count

Detail Jurnal