Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN GROUP RESUME BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP MINAT BACA SISWA
    Penulis : Dwi Agustin Ainiyah
    Dosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S. Si., M. Si
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si.,M.Pd
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh efektivitas metode pembelajaran group resume berbasis eksperimen terhadap minat baca siswa. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Pucuk pada bulan Mei tahun ajaran 2018-2019. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII-E sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan random sampling. Metode penelitian ini yang digunakan Quasi Experimental Design dengan teknik pengambilan data Non-equivalent Control Group Design. Teknik analisis data diuji menggunakan Uji t Bebas. Hasil analisis data diperoleh –t hitung ? t tabel ? t ( -3,645 ? 2,021 ? 3,645) pada taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat baca siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata minat baca siswa menggunakan metode pembelajaran group resume berbasis resume sebesar 72,74% dengan kategori sangat tinggi. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran IPA menggunakan metode pembelajaran group resume berbasis eksperimen sebesar 98,7% dengan kategori sangat baik. Rata-rata respon siswa menggunakan metode pembelajaran group resume berbasis eksperimen terhadap minat baca siswa sebesar 77,78% dengan kategori sangat setuju. Kata Kunci: Eksperimen, Group Resume, Minat Baca. hitung

    Abstraction

    ABSTRACT The aim of the research was to know influence of the effectiveness of experimental group based learning methods of experiments on students' interest in reading. The study was conducted at SMPN 1 Pucuk in May 2018-2019 school year. The research sample consisted of 2 classes, namely class VIII-E as control class and class VIII-I as experiment class. Sampling technique used random sampling. This research method used Quasi Experimental Design with the technique of data retrieval Non-equivalent Control Group Design. Data analysis techniques were tested using Free t Test. The result of data analysis is obtained ? ttable ? titung (-3,645 ? 2.021 ? 3,645) at significance level 0,05. This indicates that there is a difference in students' reading interest in the control class and the experimental class. Average reading interest of students using resume based group resume method of 72.74% with very high category. The average of science learning practice using experiment group based learning method is 98,7% with very good category. The average of student response using experiment groupbased learning method on student reading interest of 77.78% with the category strongly agree. Keyword: Experiment-Based, Resume Group, Reading Interest.

Detail Jurnal