Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI LISTRIK STATIS MENGGUNAKAN FOUR TIER TEST
    Penulis : Diana Islami
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan mengetahui miskonsepsi siswa pada materi listrik statis. Listrik statis adalah listrik yang diam untuk sementara pada suatu benda. Tes miskonsepsi pada listrik statis dilakukan karena materi ini membutuhkan pemahaman yang lebih tinggi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X yang terdiri dari 60 siswa dari 3 kelas. Instrumen test yang digunakan terdiri dari 15 soal listrik statis dengan metode four tier test. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 47% siswa mengalami miskonsepsi, 7% siswa paham konsep, 36% siswa tidak paham, dan 10% siswa error. Hasil wawancara menunjukkan bahwa faktor penyebab miskonsepsi adalah kemampuan siswa, minat belajar, konsep awal siswa, intuisi yang salah dan buku siswa. Kata Kunci : Four Tier Test, Listrik Statis, Miskonsepsi.

    Abstraction

    ABSTRACT This study aims to determine the students' misconception on static electricity materials. Static electricity is electricity that is stationary for a while on an object. Misconception tests on static electricity are performed because these materials require a higher understanding. The subjects of the study were class X students consisting of 60 students from 3 classes. The test instrument used consisted of 15 static electricity problems with the method four tier test. Based on the results of the study there are 47% of students experiencing misconceptions, 7% of students understand the concept, 36% of students do not understand, and 10% of students error. The results of the interviews show that the factors causing misconceptions are the ability of students, interest in learning, early concepts of students, false intuition and student books. Keywords: Four Tier Test, Misconception, Static Electricity.

Detail Jurnal