Detail Karya Ilmiah

  • PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA
    Penulis : MURNIYATI NINGSIH
    Dosen Pembimbing I : Yunin Hidayati,S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Ana YuniastiRetnoWulandari, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Pembelajaran IPA meliputi tiga hal yaitu produk, proses, dan sikap ilmiah. Namun, masih ada yang melaksanakan pembelajaran secara konvensional dan belum melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Untuk itu dalam pembelajaran IPA perlu menggunakan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing prompting berbantuan media visual terhadap kemampuan kognitif siswa. Penelitian menggunakan desain kuasi eksperimen dan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Labang kelas VII tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk kemampuan kognitif siswa. Teknik analisis data menggunakan uji mannwhitney. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran probing prompting berbantuan media visual berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa dengan nilai uji mann-whitney 0,000 ? 0,005, (2) respon siswa terhadap model pembelajaran probing prompting berbantuan media visual yaitu 83,5%, (3) persentase keterlaksanaan model pembelajaran probing prompting berbantuan media visual yaitu 88,10%, (4) persentase ketuntasan siswa di kelas ekperimen menggunakan model pembelajaran probing prompting berbantuan media visual yaitu 90,91%. Kata kunci: kemampuan kognitif, model probing prompting, pembelajaran IPA

    Abstraction

    Science learning includes three things: product, process, and scientific attitude. However, there are still implementing conventional learning and not actively involve students in the learning process. For that in science learning need to use the appropriate learning model. This study aims to determine the effect of probing prompting learning assisted visual media to students' cognitive abilities. The study used quasi experimental design and implemented in SMP Negeri 1 Labang class VII academic year 2017/2018. Data collection uses test techniques for students' cognitive abilities. The data analysis technique used test MannWhitney. Based on the result of the research, it can be concluded: (1) probing prompting learning with visual media influence to student’s cognitive abilities with value test mann-whitney 0,000 ? 0,005, (2) student's response to probing prompting learning with visual media that is 83,5%, (3) percentage of probing prompting learning with visual media assistedis 88.10%, (4) percentage of student’s mastery in experimental class using probing prompting learning with visual media that is 90,91%. Keywords: cognitive ability, probing prompting learning, science learning

Detail Jurnal