Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Guided Discovery Learning dengan Tes Superitem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta DidikPenulis : Mela Vika SetianiDosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.Si.Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Guided Discovery Learning dengan tes superitem terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design dengan nonequivalent control group design. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning dengan tes superitem terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Sedangkan –thitung < ttabel < thitung, yaitu -3,995 < 1,996 < 3,995 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya model pembelajaran Guided Discovery Learning berpengaruh untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik, hasil posttest kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yang dilihat dari rata-rata secara klasikal yaitu kelas eksperimen 67,85 sedangkan kelas kontrol 57,05, keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model Guided Discovery Learning berkategori sangat baik dengan nilai 97%, dan respon peserta didik berada pada kategori sangat kuat terhadap pembelajaran menggunakan model Guided Discovery Learning dengan persentase sebesar 84,30% yang terdiri dari 10 pernyataan positif dan 10 pernyataan negatif. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Model Guided Discovery Learning, Pembelajaran IPA, Tes Superitem
AbstractionThis research aims to know the application of Guided Discovery Learning models for training the critical thinking skills of students. Research methods using the quasi experimental design with nonequivalent control group design. Data analysis techniques using independent sample t test. Based on the research results it can be concluded that; the influence of Guided Discovery Learning models with students’critical thinking skills with significance value 0.000 < 0.05, whereas –tcalculate < ttabel < tcalculate, and the result is -3,995 < 1,996 < 3,995 it means that H0 is rejected and H1 is accepted, experiment class better than control class with the average of experiment class is 67,85 and control class is 57,05, implementation of Guided Discovery Learning models was categorized very good with the value 97%, and the response of students towards Guided Discovery Learning models is very good with an average 84,30% student response through 10 positive statements and 10 negative statements. Keywords: Critical Thinking Skills, Guided Discovery Learning Models, Science Learning, Superitem test