Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS MODEL EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
    Penulis : Marfiatul Hajjah
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh
    Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model experiential learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis, keterlaksanaan model experiential learning, dan respon siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design menggunakan nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Bangkalan dengan sampel VIII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model experiential learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,003. Berdasarkan analisis data tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) model experiential learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. (2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa memiliki rata-rata N Gain Score sebesar 0,67 dengan kategori sedang. (3) Keterlaksanaan pembelajaran experiential learning memiliki nilai rata-rata sebesar 89,67% dengan kategori sangat baik. (4) Respon siswa memiliki nilai ratarata sebesar 82% dengan kategori sangat baik. Kata kunci: berpikir kritis, efektivitas pembelajaran, dan experiential learning.

    Abstraction

    The purpose of this research to know the influence of experiential learning model to improve student’s critical thinking skill, the level of critical thinking skill, learning implementation and student’s response. The research is quasi experimental design that use nonequivalent control group design. The population use student VIII SMPN 3 Bangkalan with sample on class VIIIC as experiment class and class VIII-B as control class. Type of analyzing data use independet sample t test. The result of analyzing data shows that is influence of experiential learning model toward critical thinking skill, by the signification is about 0,003. Based on the analyzes can be concluded that the (1) experiential learning model is efektiv to improve student’s critical thinking skill. (2) The layer of critical thinking skill has average of N Gain Score value about 0,67 by medium category. (3) The implementation of experiential learning had average value about 89,67% by very good. (4) The student’s response had average value about 89,67% by very good. Keyword: critical thinking, learning effectivenes, and experiential learning

Detail Jurnal