Detail Karya Ilmiah

  • PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED-SCIENCE PLUS READING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA
    Penulis : Syela Ariyanti
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si.,M.Pd.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry Based-Science Plus Reading terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian dilaksanakan di SMPN 01 Kamal pada bulan Mei tahun ajaran 2018/2019 dengan populasi semua kelas VII dan sampel yang diteliti 2 kelas yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Penelitian ini mengunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data diuji menggunakan Uji t Bebas. Hasil analisis data kedua kelompok diperoleh –t hitung < t tabel < t tabel (-5,710 < 2,011 < 5,710) pada taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Rata-rata pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelajaran Inquiry BasedScience Plus Reading sebesar 73,73% dengan baik. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Inquiry Based-Science Plus Reading sebesar 86,66% dengan kriteria sangat baik .Rata-rata respon siswa menggunakan model pembelajaran Inquiry Based-Science Plus Reading terhadap pemahaman konsep siswa sebesar 82,65% dengan kriteria baik. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, IPA, Inquiry Based-Science Plus Reading

    Abstraction

    The purpose of this research is to know the implementation of Inquiry Based-Science Plus Reading to improve student comprehension. This research was conducted at SMPN 01 Kamal in May 2018/2019 with population of all class VII and sample of 2 class which is class VII E as experiment class and VII D as control class. This research used quasi experimental methods with nonequivalent control group design. The sampling technique using purposive sampling. The data analysis technique using free t-test. The result of data analysis of both group were obtained –t hitung < t tabel < t tabel (-5,710 < 2,011 < 5,710) at siqnificant level 0,05. This suggests that there is a difference in the comprehension of student concepts between the experimental class and the control class. The average comprehension concept used Inquiry Based-Science Plus Reading 73,73% with good criteria. The average implementation of science learning by using Inquiry Based-Science Plus Reading explain 86,66% with very goog criteria. The average student response when using Inquiry Based-Science Plus Reading to improve student comprehension concept 82,65% with good criteria. Keyword : Comprehension Concept, Science, Inquiry Based-Science Plus Reading

Detail Jurnal