Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH METODE PICTORIAL RIDDLE DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS
    Penulis : Yuyun Qomariya
    Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si.,M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan respon siswa dalam pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian menggunakan desain quasieksperimen dengan teknik The Nonequivalent Control Group Design dan dilaksanakan di SMPN 3 Bangkalan dengan populasi semua siswa kelas VII pada materi Pencemaran Lingkungan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes untuk kemampuan analisis siswa, lembar pengamatan untuk keterlaksanaan pembelajaran dan angket untuk respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing berkategori sangat baik dengan persentase 95%, (2) respon siswa terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing berkategori sangat baik dengan persentase 79%. Kata Kunci: Kemampuan Analisis, Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Pictorial Riddle.

    Abstraction

    The aim of this research is to know the students implementation and response in guided inquiri learning. The study used quasi exsperimental design with the tecnique The Nonequivalent Control Group Design and implemented in SMPN 3 Bangkalan with population of all students of class VII on environmental pollution material. Sampling tecnique using purposive sampling. Data collection uses tests for students analytical skills, observation sheets for intrukstional implementation and questionnaires for students responses. The data analysis tecnique used free sample t test. Based on the result of the research, it can be concluded that: (1) the implementation of guided inquiri learning is categorized very good with persentage 95% (2) student response to guided inquiri learning categorized very good with persentage 79%. Keyword: Analytical Skills, Guided Inquiri Learning, Pictorial Riddle.

Detail Jurnal