Detail Karya Ilmiah
-
PENGGUNAAN MODEL CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHPenulis : Luthfiah Dwi AndiniDosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.SiDosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) berbantuan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan Nonequivalent Control Group Design. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CPS berkategori sangat baik dengan nilai 98,7% dan respon siswa berada pada kategori sangat baik terhadap pembelajaran menggunakan model CPS dengan persentase sebesar 82,49% yang terdiri dari 10 pertanyaan positif dan 10 pertanyaan negatif.
AbstractionThe research is aims to know the implementation of learning and student responses to the using audio-visual assisted CPS (Creative Problem Solving) model to improve student problem solving abilities. Research methods using the quasi experimental design with nonequivalent control group design. Instrument of data collection using observation, documentation, and questionnaires.Is implementation of CPS model was categorized very good with the value 98,7% and the response of students was categorized very good of learning using CPS model with percentage of 82,49% consisting of 10 positive questions and 10 negative questions.