Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
    Penulis : Dwi Nur Afni Adrima Oktaviana
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap LKS IPA berbasis SAVI dan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS IPA berbasis SAVI. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey dengan model One Group Pretest-Posttest Design dan dilaksanakan di kelas VIII A SMP Negeri 04 Bangkalan. Hasil respon siswa sebesar 91,11% dengan kriteria sangat baik dan hasil belajar siswa sebesar 83,33% dengan nilai di atas KKM 75. Sehingga dapat diartikan bahwa adanya pegaruh LKS IPA berbasis SAVI pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap hasil belajar siswa.

    Abstraction

    This study aims to know student responses to science worksheets based on SAVI and know students learning outcomes after use science worksheets based on SAVI. This study uses the Dick and Carey development model, research design with the One Group Pretest-Posttest Design model and carried out in class VIII A SMP Negeri 4 Bangkalan. The results of student responses amounted to 91.11% with very good criteria and Student learning outcomes 83.33%. So that it can be interpreted that there is the effect of Science Worksheets based SAVI on additives substances and addictive substances on student learning outcomes.

Detail Jurnal