Detail Karya Ilmiah
-
Penerapan Model Quantum Learning dengan Media Video Sribe terhadap Keterampilan Berpikir Kritis SiswaPenulis : INNEKE FILIA ANGGRAINIDosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.SiDosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari, S.Pd., M.SiAbstraksi
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Quantum Learning dengan media video scribe terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model Quantum Learning dengan media video scribe, serta keterlaksanaan dan respon siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dan dilaksanakan di MTs Ikhtiyarul Ummah dengan populasi semua siswa kelas VIII pada pokok bahasan, cahaya, pembentukan bayangan pada cermin dan lensa, proses penglihatan manusia, mata serangga, dan alat optik. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan VIII-A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk keterampilan berpikir kritis, teknik lembar pengamatan untuk keterlaksanaan pembelajaran dan teknik angket untuk respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh model Quantum Learning dengan media video scribe terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05, sedangkan -t hitung v < t tabel < t hitung yaitu -4,768 < 2,069 < 4,768 (2) keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 80,36% dengan kategori sangat tinggi, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai 70,36% dengan kategori tinggi (3) keterlaksanaan pembelajaran tergolong sangat baik dengan presentase 98% (4) respon siswa terhadap model pembelajaran Quantum Learning dengan media video scribe tergolong sangat baik dengan presentase 84%. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, media video scribe, model Quantum Learning
AbstractionThis study is to find the influence of quantum learning model by using vidio scirbe toward students’ creativity of thought,students’ creativity of thoughtafter quantum learning model by using vidio scirbe is implemented, and the implementation and students’ response in the learning process. This study uses experimental quasi and nonequivalent control group as the research design. This study is conducted on second class students of MTs Ikhtiyarul Ummah toward the explanation of ray, shadow formation of glass and lens, process of human eyesight, insect eyes, and optic tools. This study uses purposive sampling. The samples areVIII-B class as the experimental class and VIII-A as the controling class.This study usestesting technique as the technique of collecting the data in order to test the students’ competencyof criticalthought, paper of observation to find the learning implementation and questionaire to take the students’ response. This study also uses free sampling technique as the technique of analysing the data. The result of this study shows that: (1) the quantum learning model by using vidio scibe influences students’ creativity of thought significantly up to 0.000. It shows the score of significancy less than 0,05, and – t count < t table < t count is -4,768 < 2,069 < 4,768 (2) the critical thinking ability value is 80,36% that shows a very good category for experiment class, and 70,36% that shows a very good category for control class (3) the learning implementation is significant with percentage of 98% and (4) the students’ response toward quantum learning model with vidio scibe is perfectly significant with percentage of 84%. Key word: Critical Thinking Ability, Vidio Scribe, Quantum Learning Model