Detail Karya Ilmiah

  • PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MELATIH LITERASI SAINS SISWA
    Penulis : MASNA AWALIYAH
    Dosen Pembimbing I : YUNIN HIDAYATI, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :WIWIN PUSPITA HADI, S.Si., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk melatih literasi sains siswa, dan respon siswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Teknik pengumpulan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-I sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes literasi sains, observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: tes literasi sains memiliki kategori yang sangat baik dan respon siswa dalam penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk melatih literasi sains siswa memiliki nilai dengan kategori sangat baik.

    Abstraction

    This study aims to determine the application of Contextual Teaching and Learning (CTL) approach to train students saintific literacy, and students responses in learning. The type of research used is the One-Shot Case Study. The sample collection technique Purposive Sampling. The sample in this study in class VII-I as an experimental class. The data collection technique used are among saintific literacy tests, observations, ans documentation. Based on the result of the study: scientific literacy tests get very good categories and students responses of an application of Contextual Teaching and Learning (CTL) approach to train students scientific literacy get grade with a very good categories.

Detail Jurnal