Detail Karya Ilmiah

  • . Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Metode Scaffolding terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
    Penulis : Lus Viana Dewi
    Dosen Pembimbing I : I Mochammad Ahied, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Scaffolding terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kamal Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-I sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-G sebanyak 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji-t sampel bebas dengan aplikasi SPSS versi 18. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Scaffolding terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa, persentase aktivitas siswa yang paling banyak muncul pada aktivitas nomor 4 sebesar 90,741% dan termasuk pada kriteria aktif, hasil pengujian hipotesis hasil belajar siswa diperoleh nilai –thitung < ttabel < thitung (-3,345 < 1,994 < 3,345), respon siswa sebesar 81,64% dengan kriteria sangat menarik, dan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 98,61% dengan kriteria sangat baik. Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Discovery Learning, Hasil belajar, Scaffolding

    Abstraction

    The aims of this research were to know the effect model Discovery Learning with Scaffolding method to activity and student learning outcomes at the material of light. This is research an exsperimental study with the reseach design Quasi Experiment. The population this research is all of the student VIII class State Junior Hight School 1 Kamal study year 2017/2018. The sampling technique was purposive sampling. Sampling used VIII-I as many 36 student as exsperimental class and VIII-G as many 35 student as control class. Technique of analizing data use Independent Samples t-test with program SPSS version 18.00. Based on the result of this research, it can be concluded that: there was an effect model Discovery Learning with Scaffolding method to activity and student learning outcomes, student’s activity percent most appear at number 4 activity as 90,741 % and including at active criteria, the result of hypothesis testing for student learning outcomes values obtained –tcount < ttable < tcount (-3,345 < 1,994 < 3,345), student’s respon was 81,64% with very interesting criteria, and wisdom of learning was 98,61% with very good criteria. Keyword: Student’s Activity, Discovery Learning, Learning Outcomes, Scaffolding,

Detail Jurnal