Detail Karya Ilmiah

  • IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN BANTUAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN DAYA INGAT SISWA
    Penulis : DEWI APRILIANTIKA
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran advance organizer dengan bantuan mind mapping terhadap motivasi dan daya ingatsiswa. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Parteker Pamekasan. Sampel yang digunakan adalah kelas VII A sebanyak 16 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebanyak 17 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data pengujian hipotesis motivasi belajar dan daya ingat siswa menggunakan Uji-t sampel bebas dengan program SPSS versi 18.00. Hasil pengujian hipotesis motivasi belajar siswa diperoleh nilai -t hitung < t (12,562< 2,039 < 12,562) maka H o ditolak dan H diterima, maka terdapat pengaruh model pembelajaran advance organizer dengan bantuan mind mapping terhadap motivasi. Hasil pengujian hipotesis daya ingat siswa diperoleh nilai t hitung < t tabel < t hitung (-8,225 < 2,039 < 8,225) maka H a o tabel ditolak dan H diterima, amak terdapat pengaruh model pembelajaran advance organizer dengan bantuan mind mapping terhadap daya ingatsiswa. Hasil persentase motivasi belajar sebesar 85% dengan kategori baik. Hasil rata-rata daya ingat sebesar 81,75% dengan kriteria tinggi.Hasil persentase respon belajar sebesar 77,93% dengan kriteria sangat baik. Hasil rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 83,93% dengan kategori sangat baik. < t a hitung Kata Kunci: Advance organizer, daya ingat, mind mapping, motivasi,

    Abstraction

    The purpose this research was know the implemention model advance organizer with mind mapping aid to motivation and student memory. This research was an exsperimental study with used the reseach design Quasi Exsperimental. The population this research was all of the student VII class A as many 16 student as exsperimental class and VII class B as many 17 student as control class. The data analysis technique of hypothesis testing for motivation and student memory use Independent Samples T-Test with program SPSS versi 18.00. The result of hypothesis testing for motivation student values obtained -t (12,562< 2,039 < 12,562) then H o the rejected and H a count < t the accepted, so has effect model advance organizer with mind mapping aid to motivation. The result of hypothesis testing for student memory values obtained -t count < t (-8,225 < 2,039 < 8,225) then H o the rejected and H a table the accepted, so has effect model advance organizer with mind mapping aid to student memory.. The result persentage motivation are good category. The result persentage memory are higher memory. The result of student respon is 77,93% with very good category. The average learning achievement is 83,93% with very good category. Keyword: Advance organizer,memory, mind mapping, motivation table < t < t count count

Detail Jurnal