Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL BERBANTUAN WAYANG DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPenulis : Dewi Putri Puspita SariDosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S. Si., M. SiDosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.PdAbstraksi
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh, hasil belajar peserta didik, keterlaksanaan, dan respon peserta didik terhadap model (CTL )berbantuan wayang dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan Kuasi Eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII MTsN Bangkalan. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran CTL berbantuan wayang terhadap hasil belajar peserta didik dengan signifikansi sebesar 0,002 < 0,05, sedangkan nilai t dituliskan dengan -t hitung < t tabel < t yaitu -3281< 2,004 < 3,281; (2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang tuntas KKM yaitu 61% dan 39% tidak tuntas; (3) Respon peserta didik terhadap model pembelajaran CTL berbantuan wayang tergolong sangat baik dengan persentase 79%; (4) Keterlaksanaan pembelajaran tergolong sangat baik dengan persentase 100%. hitung Kata kunci: CTL (Contextual Teaching and Learning), Wayang, Hasil belajar
AbstractionThe research where to know the influence, learning outcomes of students, implementation, and response to Contextual Teaching Learning Model to Student Learning Outcome. Type of research used Quasi Experimental with Nonequivalent control group design. The population is all students of class VII MTsN Bangkalan. The sample of research is the students of class VII H as the experimental class and class VII G as the control class by using purposive sampling technique. Data were analyzed by using independent sample t test. Based on data research, it can be concluded that: (1) There was an influence of Contextual Teaching and Learning model to students learning outcome with significance equal to 0,002 <0,05, while value t wrote –t count < t those are -3281 < 2,004< 3,281; (2) Student learning outcome to be success of experiment class is 61% is and 39% not yet success; (3) Students response to Contextual Teaching and Learning learning model with categorized is excellent with 79%; (4) learning activity of Contextual Teaching and Learning model to students learning outcome is excellent with 100%. Keywords: Contextual Teaching and Learning, leather puppet, learning outcome, table