Detail Karya Ilmiah

  • PERBANDINGAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI KREATIVITAS VERBAL TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH IPA
    Penulis : Sulaihah
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan interaksi antara pembelajaran IPA menggunakan model Problem Solving dan Problem Posing dengan kreativitas verbal siswa terhadap kemampuan penyelesaian masalah IPA kelas VIII SMP Negeri 1 Pamekasan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Factorial Experimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pamekasan. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII I sebanyak 29 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII J sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Teknik analisis data pengujian hipotesis kemampuan penyelesaian masalah IPA siswa menggunakan Uji anava dua jalan dengan desain 2 3 faktorial dilanjutkan dengan uji lanjut Scheffe dengan program SPSS versi 18.00. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh penggunaan model Problem Solving dan Problem Posing terhadap kemampuan penyelesaian masalah IPA siswa; (2) ada perbedaan pengaruh kreativitas verbal terhadap kemampuan penyelesaian masalah IPA siswa; (3) ada interaksi antara pembelajaran IPA menggunakan model Problem Solving dan Problem Posing dengan kreativitas verbal terhadap kemampuan penyelesaian masalah IPA siswa. Kata Kunci: kemampuan penyelesaian masalah IPA, kreativitas verbal, Problem Solving, Problem Posing

    Abstraction

    The purpose this research is know the effect Problem Solving and Problem Posing model, verbal creativity and interaction toward science problem solving skill student’s. at VIII class Junior High School Negeri 1 Pamekasan study yard 2017/2018. This is research an exsperimental study with use the reseach design Factorial Exsperimental. The population this research is all of the student VIII class I as many 29 student as first exsperimental class and VIII class J as many 30 student as second experimental class. The data analysis technique of hypotesis testing for science problem solving skill student use Anova with 2 3 factorial design followed by Scheffe method with program SPSS versi 18.00. The result of the research show that: (1) there is an effect using Problem Solving and Problem Posing model to science problem solving skill student’s; (2) there is an effect of verbal creativity to science problem solving skill student’s; (3) there is interaction between using Problem Solving and Problem Posing model and verbal creativity to science problem solving skill student’s. Keyword: Problem Posing, Problem Solving, science problem solving skill, verbal creativity.

Detail Jurnal