Detail Karya Ilmiah

  • Pembelajaran IPA Berbasis Karakter Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil belajar Siswa.
    Penulis : Ellya Mafruhah
    Dosen Pembimbing I : Yunin Hidayati
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis karakter terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa pada materi gerak pada benda dan makhluk hidup, siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galis tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Experimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galis. Sampel yang digunakan adalah kelas VII A sebanyak 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebanyak 28 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data pengujian hipotesis sikap ilmiahdan hasil belajar siswa menggunakan Uji-t sampel bebas dengan program SPSS versi 18.00. Hasil pengujian hipotesis sikap ilmiah siswa diperoleh nilai -t hitung H a < t tabel < t hitung (-12,444< 2,004 < 12,444) maka H o diterima. Hasil pengujian hipotesis hasil belajar siswa diperoleh nilai -t hitung < t tabel < t hitung (-9,044 < 2,004 < 2,527) maka H o ditolak dan H a diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis karakter berpengaruh signifikan terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, Karakter, Hasil belajar, Hikap ilmiah.

    Abstraction

    The purpose this research is know the effect of character-based guided inquiry learning model to scientific attitude and student learning outcomes at the motion material on object and living things, student at VIII class Junior High School Negeri 1 Galis study yard 2018/2019. This is research an exsperimental study with use the reseach design Quasi Exsperimental. The population this research is all of the student VIII class A as many 29 student as exsperimental class and VIII class B as many 28 student as control class. The data analysis technique of hypothesis testing for scientific attitude and student learning outcomes use Independent Samples T-Test with program SPSS versi 18.00. The result of hypothesis testing for scientific attitude student values obtained -t count 12,444) then H o the rejected and H a < t table < t count (-12,444< 2,004 < the accepted. The result of hypothesis testing for student learning outcomes values obtained -t count < t table < t count (-9,044< 2,004 < 9,044) then H o the rejected and H a the accepted. Based on the result of the hypothesis test it can be con cluded the effect of character-based guided inquiry learning model significant effect on the ability to communication skill and student learning outcomes. Keyword: Character, Guided Inquiry, Learning Outcomes, Scientific Attitude.

Detail Jurnal