Detail Karya Ilmiah
-
Penerapan Model Project Based Learning dengan Menggunakan Strategi Poster Session terhadap Kemampuan Berpikir KreatifPenulis : Nafisatin NuryDosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S. Si., M. SiDosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S. Si., M. Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran project based learning dengan menggunakan strategi poster session terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experimental design dengan One Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Hasil persentase indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu berpikir lancar sebesar 81,45% dengan kategori sangat kreatif, berpikir luwes diperoleh persentase sebesar 70,56% dengan kategori kreatif, berpikir orisinil diperoleh persentase sebesar 65,86% dengan kategori kreatif, dan berpikir elaborasi diperoleh persentase sebesar 69,76% dengan kategori kreatif. Hasil rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model project based learning dengan menggunakan strategi poster session yaitu 86,32% dengan kategori sangat baik. Persentase respon siswa terhadap penerapan model model project based learning dengan menggunakan strategi poster session sebesar 79,15% dengan kategori sangat baik.
AbstractionThe purpose of this study is to know the application of project based learning model by using poster session strategy on students' creative thinking ability. The strategy that used is pre experimental and One Group Pretest-Posttest Design. Sampling was done by using purposive sampling. The analysis data tecknique is used paired sample t test. The result of the indicator percentage of creative thinking ability are smooth thinking of 81.45% with highly creative category, percentage of flexibile thinking of 70,56% with creative category, percentage of original thinking of 65,86% with creative category, and percentage of elaboration thinking of 69,76% with creative category, The average learning achievement of project based learning model by using poster session strategy is 86,32% with very good category. The result of student response using project based learning model by using poster session strategy is 79,15% with very good category.