Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning dengan Teknik Probing Prompting Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis SiswaPenulis : Dyan Novi AnggraeniDosen Pembimbing I : Laila Khamsatul MuharramiDosen Pembimbing II :Wiwin Puspita HadiAbstraksi
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery learning dengan teknik probing prompting terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, serta keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian menggunakan quasi eksperimental design dan dilaksanakan di SMPN 1 Menganti, Gresik. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir kritis, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruhu model pembelajaran guided discovery leaening dengan teknik probing prompting terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05, sedangkan -t_(hitung ) ? t_(tabel ) ? t_(hitung )yaitu -5,152 ? 1,996 ? 5,152. 2) keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 70,31 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol sebesar 56,28 dengan kategori sedang. 3) keterlaksanaa pembelajaran sebesar 90,5% yang tergolong sangat baik, 4) respon siswa terhadap model pembelajaran guided discovery leaening dengan teknik probing prompting 83,6% tergolong sangat positif. Kata kunci: Keterampilan berpikir kritis, model pembelajaran guided discovery learning, teknik probing prompting. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery learning dengan teknik probing prompting terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, serta keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian menggunakan quasi eksperimental design dan dilaksanakan di SMPN 1 Menganti, Gresik. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir kritis, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruhu model pembelajaran guided discovery leaening dengan teknik probing prompting terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05, sedangkan -t_(hitung ) ? t_(tabel ) ? t_(hitung )yaitu -5,152 ? 1,996 ? 5,152. 2) keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 70,31 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol sebesar 56,28 dengan kategori sedang. 3) keterlaksanaa pembelajaran sebesar 90,5% yang tergolong sangat baik, 4) respon siswa terhadap model pembelajaran guided discovery leaening dengan teknik probing prompting 83,6% tergolong sangat positif. Kata kunci: Keterampilan berpikir kritis, model pembelajaran guided discovery learning, teknik probing prompting.
AbstractionThe research aims to are determine the effect of guided discovery learning model with probing prompting technique to thinking skill critical students, advisibility and student response in learning process. This research used quasi experimental method with nonequivalent control group design and was conducted in SMPN 1 Menganti, Gresik. The removal technique sampling applied purposive sampling, VIII F as experiment class and VIII C as control class. Technique of collecting data used test for critical tinking skills, observation sheet for learning activity, and questionnaire for student’s response. Data were analyzed by using independent sample t test. Based on the data of the research, it can be conclude that: 1) there was an effect of guided discovery learning model with probing prompting technique to thinking skill critical students with significance value is 0,000 that was less than 0,05, and –tcount ? ttable ? tcount is -5,152 ? 1,996 ? 5,152 2) the critical thinking skills value is 70,31% that shows a good category for experiment class, and 56,28% that shows a medium category for control class 3) learning activity has an excellent category with 97,92% 4) student’s response of guided discovery learning model with probing prompting technique is positive with 89%. Keywords: Critical thinking skill, guided discovery learning model, probing prompting technique.