Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEER MEDIATED INSTRUCTION AND INTERVENTION (PMII) TIPE CLASS WIDE PEER TUTORING (CWPT) TERHADAP HASIL BELAJAR
    Penulis : Riskiana Laila Romadhani
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Irsyad Rosidi, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa dan keterlaksanaan terhadap model Peer Mediated Instruction and Intervention (PMII) tipe Classwide Peer Tutoring (CWPT) terhadap materi sistem ekskresi pada manusia. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; (1) Siswa merespon dengan baik pembelajaran menggunakan Peer Mediated Instruction and Intervention (PMII) tipe Class Wide Tutoring (CWPT), dengan diperoleh nilai persentase angket sebesar 82% dengan kategori sangat baik, (2) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunkan model Peer Mediated Instruction and Intervention (PMII) tipe Class Wide Tutoring (CWPT), dengan diperoleh nilai persentase nilai rata-rata sebesar 89% dengan kategori sangat baik.

    Abstraction

    The aim of this research is to know the student response and learning activity to model Peer Mediated Instruction and Intervention (PMII) type Classwide Peer Tutoring (CWPT student learning outcomes, PMII type CWPT, excretion system. Data collection techniques using questionnaires and research can be concluded that; (1) student response to model Peer Mediated Instruction And Intervention (PMII) Tipe Classwide Peer Tutoring (CWPT) amount 82% categorized very well; (2) learning activity of applied model Peer Mediated Instruction And Intervention (PMII) Tipe Classwide Peer Tutoring (CWPT) amount 78% categorized very good.

Detail Jurnal