Detail Karya Ilmiah

  • Implementasi Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Kemampuan Komunikasi
    Penulis : Nurul Mariya Ulfah,
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawwaroh, S.Si., M.Si,
    Dosen Pembimbing II :Fatimatul Munawwaroh, S.Si., M.Si,
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap kemampuan komunikasi siswa pada materi pemanasan global kelas VII SMP Negeri 1 Blega tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian quasi experimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Blega. Sampel yang digunakan adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data pengujian hipotesis menggunakan uji-t sampel bebas. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa:1) pengujian hipotesis kemampuan komunikasi tulis menggunakan tes uraian diperoleh nilai -thitung < ttabel < thitung(-3,859<2,003<3,859) maka H0 ditolak dan H1 diterima. 2) Kemampuan komunikasi lisan menunjukkan 82% pada kelas eksperimen dan 72% pada kelas kontrol dan kemampuan komunikasi tulis menunjukkan 86% pada kelas eksperimen 85% pada kelas kontrol. 3) Proses pembelajaran terlaksana sangat baik dengan persentase sebesar 100%. 4) Respon siswa terhadap model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) sangat menarik dengan persentase sebesar 81%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC), Kemampuan Komunikasi Tulis, Kemampuan Komunikasi Lisan

    Abstraction

    This research purposed to find out the learning of inside outside circle (IOC)model to the ability of student's communication into the lesson about global warming in seventh grade of SMP Negeri 1 Blega 2017/2018 periods. This research was an experimental research used quasi experimental research design. The population of this research was every student in seventh grade of SMP Negeri 1 Blega. The sample of this research used students in VII A class as an experimental class and students in VII D class as a control class. Analysing data technique used t-test. The result of this research showed that: 1) hypothesis test of written Communication's ability used asunder test found that value of -tcount

Detail Jurnal