Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Pembelajaran Three Steps Interiew Terhadap Kemampuan Pemecahan masalah Siswa SMPPenulis : Khotibatul UmmahDosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami,S.Si.,M.SiDosen Pembimbing II :Irsad Rosidi,SPd.,M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran three steps interview terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMP, untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa setelah pembelajaran IPA, untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran three steps interview terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, untuk mengetahui respon siswa terhadap pelajaran menggunakan model pembelajaran three steps interview. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design, dan dilaksanakan di SMP Negeri 7 Bangkalan dengan populasi semua kelas VII dan sampel yang diteliti yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penggunaan model pembelajaran three steps interview dalam pembelajaran IPA mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa yang dapat dibutikan dari hasil uji t-test diperoleh karena –thitung ? ttabel ? thitung (-20,615 ? 2,004 ? 20,615). Respon siswa saat pembelajaran dengan model pembelajaran three steps interview sangat baik dengan persentase 83,43% dan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 85,22% dengan kriteria sangat baik
AbstractionThe purpose of this study is to find out the influence of Three Steps Interview teaching model toward the problem solving ability of lower secondary school’s students, to find out the students’ of problem solving ability after IPA course is taught by using three steps interview teaching model, to find out the implementation of three steps interview teaching model toward the problem solving ability and to find out the students’ responses toward the teaching technique which uses three steps interview teaching model. This research uses the Kausi experiment method with nonequivalent control group design. This study is conducted in SMP Negeri 7, Bangkalan with all class population VII. Class VII B is the sample being analyzed as the experiment and Class VII C as the control class. The technique of analyzing the data uses free sample test. From the result of this study, it is concluded that the use of Three Steps Interview teaching model in the process of natural Science learning influence the ability of problem solving of the students which can be proven by the result of the t-test –t Count ? t Table ? t Count (-20.615 ? 2.004 ? 20.615). students’ response in the process of learning of the three steps learning interview is strongly good with percentage 83.43% and learning implementation percentage 85.22% with a very good rank