Detail Karya Ilmiah
-
Penerapan Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme tipe Novick terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMPPenulis : Raini RahmawatiDosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si, M.SiDosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd, M.PdAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis, respon siswa, keterlaksanaan pembelajaran pendekatan pembelajaran konstruktivisme tipe novick terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design, dan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ketapang dengan populasi semua kelas VIII dan sampel yang diteliti yaitu kelas VIIIE sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas. (1) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penggunaan pendekatan pembelajaran konstruktivisme tipe novick mempengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa SMP yang dapat dibuktikan dari hasil uji t–test diperoleh –thitung < ttabel < thitung (-3.250 < 2.013 < 3.250). (2) Keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 68,96% dengan kategori kritis dan kelas kontrol sebesar 61,46% dengan kategori kritis. (3) Keterlaksanaan pembelajaran sebesar 90,74% dengan kategori sangat baik .(4) Respon siswa saat pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme tipe novick dengan persentase 74 % dikategorikan siswa menarik. Kata kunci : Getaran, keterampilan berpikir kritis, pembelajaran konstruktivisme tipe novick.
AbstractionABSTRACT This study aims to know the influence, critical thinking skills, students respon, and learning activity of novick type constructivism learning approaches to the critical thinking skills of junior high school students. The study used quasi-experimental method with nonequivalent control group design, and implemented in SMP Negeri 1 Ketapang with two classes. The data analysis technique used independent sample t test. (1) Based on the result of the research, it can be concluded that the use of novick type constructivism learning approach influences the critical thinking skill of junior high school students which can be proved from t-test result obtained –tcount