Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH IPA SISWAPenulis : LIDIYATUSSHALIHAHDosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.Si. Anggota ........ ............. NIP. 19700804Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno W, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa terhadap model pembelajaran treffinger dalam mereduksi keterampilan pemecahan masalah IPA siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Amien 1 Prenduan. Sampel peneltian siswa kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk keterlaksanaan pembelajaran dan angket untuk respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan model pembelajaran treffinger tergolong sangat baik dengan persentase 92%; (2) respon siswa terhadap model pembelajaran treffinger tergolong sangat menarik dengan persentase 84,6%.
AbstractionThis study aims to determine the implementation of learning and student responses to the model of treffinger learning in reducing the problem solving skills of science students on the material interaction of living things with their environment. The population in the study were all students of class VII MTs Al-Amien 1 Prenduan. The sample of class VIIB students as the experimental class and the class of VIIC as the control class. Data collection uses an observation sheet for learning execution and a questionnaire for student responses. Based on the result of research indicate that: (1) the implementation of treffinger learning model is very good with percentage 92%; (2) the students' response to the treffinger learning model is very interesting with the percentage of 84.6%.